Jumat, 01 Juni 2018

Lampiran Permendikbud no 24 tahun 2016 bagian Ekonomi


12. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI SMA/MA

KELAS: X

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan menga ajaran agama yangAdapundianutrumusanya”Kompetensi. Sikap Sosial yaituMenunjukkan“ perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong

royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)






3.  Memahami, menerapkan,
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji

menganalisis pengetahuan faktual,
dalam ranah konkret dan ranah

konseptual, prosedural
abstrak terkait dengan

berdasarkan rasa ingintahunya
pengembangan dari yang

tentang ilmu pengetahuan,
dipelajarinya di sekolah secara

teknologi, seni, budaya, dan
mandiri, dan mampu

humaniora dengan wawasan
menggunakan metode sesuai

kemanusiaan, kebangsaan,
kaidah keilmuan.

kenegaraan, dan peradaban terkait


penyebab fenomena dan kejadian,


serta menerapkan pengetahuan


prosedural pada bidang kajian yang


spesifik sesuai dengan bakat dan


minatnya untuk memecahkan


masalah.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR




3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu
4.1 Mengidentifikasi kelangkaan dan

ekonomi.
biaya peluang dalam memenuhi


kebutuhan.




3.2 Menganalisis masalah ekonomi
4.2 Menyajikan hasil analisis masalah

dalam sistem ekonomi.
ekonomi dalam sistem ekonomi.





KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR


3.3 Menganalisis peran pelaku ekonomi
4.3 Menyajikan hasil analisis peran
dalam kegiatan ekonomi
pelaku ekonomi dalam kegiatan

ekonomi
3.4 Mendeskripsikan terbentuknya
4.4 Menyajikan hasil pengamatan
keseimbangan pasar dan struktur
tentang perubahan harga dan
pasar.
kuantitas keseimbangan  di pasar.


3.5 Mendeskripsikan  lembaga jasa
4.5 Menyajikan tugas, produk, dan
keuangan dalam perekonomian.
peran lembaga jasa keuangan

dalam perekonomian Indonesia.


3.6 Mendeskripsikan bank sentral,
4.6 Menyajikan peran bank sentral,
sistem pembayaran, dan alat
sistem pembayaran, dan alat
pembayaran dalam perekonomian
pembayaran dalam perekonomian
Indonesia.
Indonesia.


3.7 Mendeskripsikan konsep badan
4.7 Menyajikan peran, fungsi, dan
usaha dalam perekonomian
kegiatan badan usaha  dalam
Indonesia.
perekonomian Indonesia.


3.8 Mendeskripsikan perkoperasian
4.8 Mengimplementasikan pengelolaan
dalam perekonomian Indonesia.
koperasi  di sekolah.


3.9 Mendeskripsikan konsep
4.9 Mengimplementasikan fungsi
manajemen.
manajemen dalam kegiatan

sekolah.




 


- 2 -

KELAS: XI

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan menga ajaran agama yangAdapundianutrumusanya”Kompetensi. Sikap Sosial yaituMenunjukkan“ perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong

royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”Keduakompetensi. tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)






3.  Memahami, menerapkan, dan
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji

menganalisis pengetahuan faktual,
dalam ranah konkret dan ranah

konseptual, prosedural, dan
abstrak terkait dengan

metakognitif berdasarkan rasa
pengembangan dari yang

ingin tahunya tentang ilmu
dipelajarinya di sekolah secara

pengetahuan, teknologi, seni,
mandiri, bertindak secara efektif

budaya, dan humaniora dengan
dan kreatif, serta mampu

wawasan kemanusiaan,
menggunakan metode sesuai

kebangsaan, kenegaraan, dan
kaidah keilmuan.

peradaban terkait penyebab


fenomena dan kejadian, serta


menerapkan pengetahuan


prosedural pada bidang kajian yang


spesifik sesuai dengan bakat dan


minatnya untuk memecahkan


masalah.





KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR




3.1 Menganalisis konsep dan metode
4.1 Menyajikan hasil penghitungan

penghitungan pendapatan
pendapatan nasional.

nasional.










- 3 -

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR


3.2 Menganalisis  konsep pertumbuhan
4.2 Menyajikan hasil temuan
ekonomi dan pembangunan
permasalahan pertumbuhan
ekonomi serta permasalahan dan
ekonomi dan pembangunan
cara mengatasinya.
ekonomi  serta cara mengatasinya.
3.3 Menganalisis permasalahan
4.3 Menyajikan hasil analisis masalah
ketenagakerjaan dalam
ketenagakerjaan dalam
pembangunan ekonomi.
pembangunan ekonomi dan cara

mengatasinya.
3.4 Menganalisis indeks harga dan
4.4 Menyajikan hasil analisis indeks
inflasi.
harga dan inflasi.
3.5 Menganalisis kebijakan moneter
4.5 Menyajikan hasil analisis kebijakan
dan kebijakan fiskal.
moneter dan kebijakan fiskal.
3.6 Menganalisis APBN dan APBD
4.6 Menyajikan hasil analisis fungsi
dalam pembangunan ekonomi.
dan peran APBN dan APBD dalam

pembangunan ekonomi.
3.7 Menganalisis  perpajakan dalam
4.7 Menyajikan hasil analisis fungsi
pembangunan ekonomi.
dan peran pajak dalam

pembangunan ekonomi.
3.8 Mendeskripsikan kerja sama
4.8 Menyajikan bentuk dan manfaat
ekonomi internasional.
kerja sama ekonomi internasional.
3.9 Menganalisis konsep dan kebijakan
4.9 Menyajikan hasil analisis dampak
perdagangan internasional.
kebijakan perdagangan

internasional.



- 4 -

KELAS: XII

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan menga ajaran agama yangAdapundianutrumusanya”Kompetensi. Sikap Sosial yaituMenunjukkan“ perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong

royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam Keduapergaulankompetensitersebutdunia”dicapai. melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4




(KETERAMPILAN)













3.   Memahami, menerapkan,

4.  Mengolah, menalar, menyaji,


menganalisis dan mengevaluasi


dan mencipta dalam ranah


pengetahuan faktual, konseptual,


konkret dan ranah abstrak


prosedural, dan metakognitif


terkait dengan pengembangan


berdasarkan rasa ingin tahunya


dari yang dipelajarinya di


tentang ilmu pengetahuan,


sekolah secara mandiri serta


teknologi, seni, budaya, dan


bertindak secara efektif dan


humaniora dengan wawasan


kreatif, dan mampu


kemanusiaan, kebangsaan,


menggunakan metode sesuai


kenegaraan, dan peradaban


kaidah keilmuan.


terkait penyebab fenomena dan





kejadian, serta menerapkan





pengetahuan prosedural pada





bidang kajian yang spesifik sesuai





dengan bakat dan minatnya





untuk memecahkan masalah.










KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR







3.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai

4.1 Menyajikan akuntansi sebagai


sistem informasi.

sistem informasi.


3.2 Mendeskripsikan konsep

4.2 Menyajikan persamaan dasar


persamaan dasar akuntansi.

akuntansi.


3.3 Menganalisis penyusunan siklus

4.3 Membuat  laporan keuangan


akuntansi pada perusahaan jasa.

pada perusahaan jasa.







- 5 -


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR




3.4
Menganalisis tahapan penutupan
4.4
Membuat penutupan siklus

siklus akuntansi pada perusahaan

akuntansi pada perusahaan jasa.

jasa.


3.5
Menganalisis penyusunan siklus
4.5
Membuat laporan keuangan pada

akuntansi pada perusahaan

perusahaan dagang.

dagang.


3.6
Menganalisis tahapan penutupan
4.6
Membuat penutupan siklus

siklus akuntansi pada perusahaan

akuntansi pada perusahaan

dagang.

dagang.





 - 6 -

Tidak ada komentar: