KELAS:
X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual
yaitu “Menghayati dan menga ajaran agama yangAdapundianutrumusanya”Kompetensi.
Sikap Sosial yaituMenunjukkan“ perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan
proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
|
|
(KETERAMPILAN)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami,
menerapkan,
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji
|
|
menganalisis pengetahuan faktual,
|
dalam ranah konkret dan ranah
|
|
konseptual,
prosedural
|
abstrak
terkait dengan
|
|
berdasarkan rasa ingintahunya
|
pengembangan dari yang
|
|
tentang
ilmu pengetahuan,
|
dipelajarinya
di sekolah secara
|
|
teknologi,
seni, budaya, dan
|
mandiri,
dan mampu
|
|
humaniora dengan wawasan
|
menggunakan metode sesuai
|
|
kemanusiaan,
kebangsaan,
|
kaidah
keilmuan.
|
|
kenegaraan, dan peradaban terkait
|
|
|
penyebab
fenomena dan kejadian,
|
|
|
serta
menerapkan pengetahuan
|
|
|
prosedural pada bidang kajian yang
|
|
|
spesifik
sesuai dengan bakat dan
|
|
|
minatnya untuk memecahkan
|
|
|
masalah.
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
|
|
|
3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu
|
4.1 Mengidentifikasi kelangkaan dan
|
|
ekonomi.
|
biaya peluang dalam memenuhi
|
|
|
kebutuhan.
|
|
|
|
|
3.2 Menganalisis masalah ekonomi
|
4.2 Menyajikan hasil analisis masalah
|
|
dalam
sistem ekonomi.
|
ekonomi
dalam sistem ekonomi.
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
|
|
3.3 Menganalisis peran pelaku ekonomi
|
4.3 Menyajikan hasil analisis peran
|
dalam kegiatan ekonomi
|
pelaku ekonomi dalam kegiatan
|
|
ekonomi
|
3.4 Mendeskripsikan terbentuknya
|
4.4 Menyajikan hasil pengamatan
|
keseimbangan pasar dan struktur
|
tentang perubahan harga dan
|
pasar.
|
kuantitas
keseimbangan di pasar.
|
|
|
3.5 Mendeskripsikan
lembaga jasa
|
4.5 Menyajikan tugas, produk, dan
|
keuangan dalam perekonomian.
|
peran lembaga jasa keuangan
|
|
dalam
perekonomian Indonesia.
|
|
|
3.6 Mendeskripsikan bank sentral,
|
4.6 Menyajikan peran bank sentral,
|
sistem pembayaran, dan alat
|
sistem pembayaran, dan alat
|
pembayaran dalam perekonomian
|
pembayaran dalam perekonomian
|
Indonesia.
|
Indonesia.
|
|
|
3.7 Mendeskripsikan konsep badan
|
4.7 Menyajikan peran, fungsi, dan
|
usaha
dalam perekonomian
|
kegiatan
badan usaha dalam
|
Indonesia.
|
perekonomian Indonesia.
|
|
|
3.8 Mendeskripsikan perkoperasian
|
4.8 Mengimplementasikan pengelolaan
|
dalam perekonomian Indonesia.
|
koperasi di
sekolah.
|
|
|
3.9 Mendeskripsikan konsep
|
4.9 Mengimplementasikan fungsi
|
manajemen.
|
manajemen dalam kegiatan
|
|
sekolah.
|
-
2 -
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual
yaitu “Menghayati dan menga ajaran agama yangAdapundianutrumusanya”Kompetensi.
Sikap Sosial yaituMenunjukkan“ perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan
proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”Keduakompetensi. tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
|
|
(KETERAMPILAN)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami,
menerapkan, dan
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji
|
|
menganalisis pengetahuan faktual,
|
dalam ranah konkret dan ranah
|
|
konseptual,
prosedural, dan
|
abstrak
terkait dengan
|
|
metakognitif berdasarkan rasa
|
pengembangan dari yang
|
|
ingin
tahunya tentang ilmu
|
dipelajarinya
di sekolah secara
|
|
pengetahuan,
teknologi, seni,
|
mandiri,
bertindak secara efektif
|
|
budaya, dan humaniora dengan
|
dan kreatif, serta mampu
|
|
wawasan
kemanusiaan,
|
menggunakan
metode sesuai
|
|
kebangsaan, kenegaraan, dan
|
kaidah keilmuan.
|
|
peradaban
terkait penyebab
|
|
|
fenomena
dan kejadian, serta
|
|
|
menerapkan pengetahuan
|
|
|
prosedural pada bidang kajian yang
|
|
|
spesifik sesuai dengan bakat dan
|
|
|
minatnya untuk memecahkan
|
|
|
masalah.
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis konsep dan metode
|
4.1 Menyajikan hasil penghitungan
|
|
penghitungan
pendapatan
|
pendapatan
nasional.
|
|
nasional.
|
|
|
|
|
|
-
3 -
KOMPETENSI
DASAR
|
|
|
|
3.2 Menganalisis konsep pertumbuhan
|
4.2 Menyajikan hasil temuan
|
ekonomi dan pembangunan
|
permasalahan pertumbuhan
|
ekonomi serta permasalahan dan
|
ekonomi dan pembangunan
|
cara mengatasinya.
|
ekonomi serta
cara mengatasinya.
|
3.3 Menganalisis permasalahan
|
4.3 Menyajikan hasil analisis masalah
|
ketenagakerjaan
dalam
|
ketenagakerjaan
dalam
|
pembangunan ekonomi.
|
pembangunan ekonomi dan cara
|
|
mengatasinya.
|
3.4 Menganalisis indeks harga dan
|
4.4 Menyajikan hasil analisis indeks
|
inflasi.
|
harga dan inflasi.
|
3.5 Menganalisis kebijakan moneter
|
4.5 Menyajikan hasil analisis
kebijakan
|
dan kebijakan fiskal.
|
moneter dan kebijakan fiskal.
|
3.6 Menganalisis APBN dan APBD
|
4.6 Menyajikan hasil analisis fungsi
|
dalam pembangunan ekonomi.
|
dan peran APBN dan APBD dalam
|
|
pembangunan
ekonomi.
|
3.7 Menganalisis
perpajakan dalam
|
4.7 Menyajikan hasil analisis fungsi
|
pembangunan
ekonomi.
|
dan
peran pajak dalam
|
|
pembangunan ekonomi.
|
3.8 Mendeskripsikan kerja sama
|
4.8 Menyajikan bentuk dan manfaat
|
ekonomi
internasional.
|
kerja
sama ekonomi internasional.
|
3.9 Menganalisis konsep dan kebijakan
|
4.9 Menyajikan hasil analisis dampak
|
perdagangan internasional.
|
kebijakan perdagangan
|
|
internasional.
|
-
4 -
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual
yaitu “Menghayati dan menga ajaran agama yangAdapundianutrumusanya”Kompetensi.
Sikap Sosial yaituMenunjukkan“ perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan
proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam Keduapergaulankompetensitersebutdunia”dicapai.
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
|
|
KOMPETENSI
INTI 4
|
|
|
|
|
(KETERAMPILAN)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami,
menerapkan,
|
|
4. Mengolah,
menalar, menyaji,
|
|
|
|
menganalisis dan mengevaluasi
|
|
|
dan mencipta dalam ranah
|
|
|
pengetahuan faktual, konseptual,
|
|
|
konkret dan ranah abstrak
|
|
|
prosedural,
dan metakognitif
|
|
|
terkait
dengan pengembangan
|
|
|
berdasarkan
rasa ingin tahunya
|
|
|
dari
yang dipelajarinya di
|
|
|
tentang
ilmu pengetahuan,
|
|
|
sekolah
secara mandiri serta
|
|
|
teknologi, seni, budaya, dan
|
|
|
bertindak secara efektif dan
|
|
|
humaniora dengan wawasan
|
|
|
kreatif, dan mampu
|
|
|
kemanusiaan,
kebangsaan,
|
|
|
menggunakan
metode sesuai
|
|
|
kenegaraan,
dan peradaban
|
|
|
kaidah
keilmuan.
|
|
|
terkait penyebab fenomena dan
|
|
|
|
|
|
kejadian, serta menerapkan
|
|
|
|
|
|
pengetahuan prosedural pada
|
|
|
|
|
|
bidang
kajian yang spesifik sesuai
|
|
|
|
|
|
dengan bakat dan minatnya
|
|
|
|
|
|
untuk memecahkan masalah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai
|
|
4.1 Menyajikan akuntansi sebagai
|
|
|
|
sistem informasi.
|
|
sistem informasi.
|
|
|
|
3.2 Mendeskripsikan konsep
|
|
4.2 Menyajikan persamaan dasar
|
|
|
|
persamaan dasar akuntansi.
|
|
akuntansi.
|
|
|
|
3.3 Menganalisis penyusunan siklus
|
|
4.3 Membuat
laporan keuangan
|
|
|
|
akuntansi pada perusahaan jasa.
|
|
pada perusahaan jasa.
|
|
|
-
5 -
-
6 -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar